Tidak Hanya Makanan, Cuaca Panas Juga Dapat Menyebabkan Bau Mulut!

Tips Sehat Mie Ayam Jamur Medan

Apakah Anda tidak makan petai atau makanan bawang, tetapi mulutnya masih bau? Coba keluar dari rumah dan melihat ke langit, mungkin cuacanya panas. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa cuaca panas dapat menjadi salah satu penyebab bau mulut Anda, Anda tahu! Bagaimana bisa? Bukankah cuaca panas justru membuat bau badan karena kita terus berkeringat?

Mengapa cuaca panas bisa menyebabkan bau mulut?

Selain menyebabkan bau badan, cuaca panas yang sebenarnya juga bisa menjadi penyebab bau mulut. Hal ini disampaikan oleh Dr. Harold Katz, seorang ahli dalam halitosis atau bau mulut, kepada Metro. Namun, ini tidak berarti bahwa cuaca panas akan segera membuat Anda bau mulut.

Bau mulut ada hubungannya dengan dehidrasi yang biasa terjadi saat cuaca panas. Mulut adalah lingkungan yang sangat cocok untuk pertumbuhan bakteri. Bakteri ini sebenarnya tidak akan memiliki masalah jika jumlahnya seimbang dan hidup harmonis.

Tetapi jika Anda mengalami dehidrasi, mulut akan mengering secara otomatis. Ini menyebabkan lingkungan di dalam mulut berubah menjadi asam dan membuat bakteri berkembang.

Tidak hanya itu, dehidrasi juga menyebabkan sel-sel mati dan sisa makanan menumpuk di dalam mulut, baik di lidah, gusi dan pipi bagian dalam. Bahkan jika Anda tidak dehidrasi, mulut akan tetap basah oleh air liur yang berfungsi untuk membilas sel-sel mati keluar dari mulut. Itulah sebabnya dehidrasi bisa menjadi penyebab bau mulut.

Penyebab bau mulut saat cuaca panas juga bisa karena makanan

Apa yang Anda makan dan minum paling sering dalam cuaca panas? Sebagian besar dari Anda mungkin menyebut es krim, air dingin, atau minuman ringan.

Makanan dingin dan minuman, terutama yang rasanya segar, sangat cocok untuk dinikmati saat cuaca panas. Apalagi jika Anda bepergian jauh dan mulai merasa haus. Tapi hati-hati, makanan dan minuman ini bisa menjadi penyebab bau mulut, lho!

Bakteri di mulut Anda menyukai gula. Ketika Anda makan makanan manis, ini berarti Anda menyediakan makanan bagi bakteri untuk terus berkembang biak. Penumpukan bakteri di mulut ini menyebabkan bau mulut.

Selain makanan atau minuman manis, penyebab bau mulut juga bisa berasal dari jenis saus yang Anda gunakan pada makanan. Misalnya, Anda makan salad dengan saus mayones, ayam goreng dengan saus tomat, atau makan steak dengan saus barbeque (BBQ). Ya, meski rasanya tidak manis, semua jenis saus mengandung gula tinggi yang bisa menjadi makanan bagi bakteri yang menyebabkan bau mulut.

Jadi, bagaimana cara mengatasi bau mulut saat cuaca panas?

Setelah memahami ini, Anda mungkin ragu untuk makan es krim atau makan steak dengan saus BBQ karena takut bau mulut. Sebenarnya, Anda bisa terus makan makanan yang Anda sukai, kok.

Namun, pastikan Anda memenuhi persyaratan ini terlebih dahulu untuk menghindari bau mulut, yaitu:

Tingkatkan air. Ini bertujuan untuk mencegah dehidrasi yang dapat menyebabkan bau mulut saat cuaca panas.
Perhatikan jenis makanan atau minumannya. Anda mungkin mengonsumsi makanan atau minuman manis, tetapi batasi jumlahnya. Ini dilakukan untuk mencegah pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau mulut.
Menyikat gigi secara teratur. Ini dapat membantu menghilangkan plak dan bakteri yang bersarang di mulut Anda. Hindari pasta gigi yang mengandung deterjen yang disebut SLS atau sodium lauryl sulfate. SLS ini dapat menghasilkan banyak busa, tetapi cenderung tidak bermanfaat bagi kesehatan gigi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *