Kerja Tim Memberdayakan Pemimpin

embangun tim berarti sekelompok individu yang beragam dengan bakat dan minat berbeda yang datang bersama untuk kebaikan seluruh kelompok. Seluruh tim bersatu dalam tujuan bersama untuk kepentingan semua. Tidak ada bintang super yang menonjol dengan mengesampingkan keseluruhan.

Amazon memanggil tim manajemen ke kantor pada awal resesi dan memberi tahu mereka, “Ada resesi besar yang akan datang. Mari kita lewatkan.” Sesi dalang dimulai segera. Hasil bersihnya adalah ketika semua orang mengeluh tentang pengurangan penjualan, keuntungan Amazon naik. Kerja tim menyelamatkan garis bawah.

Kelompok-kelompok mastermind Memilih Pemimpin Yang Amanah telah berkolaborasi sejak setidaknya awal-awal Napoleon Hill “Think and Grow Rich.” Meskipun terminologi dan format forum Yunani berbeda, kelompok-kelompok dalang telah ada dalam satu bentuk atau lainnya selama berabad-abad. Kerja tim bukanlah konsep baru. Kelompok curah pendapat adalah suatu bentuk tim yang masing-masing menyumbangkan ide dan upaya untuk kepentingan semua anggota.

Grup dalang, kelompok curah pendapat, dan tim semuanya memiliki pemimpin. Seorang pemimpin yang tidak dewasa akan berkata, “Saya akan ke atas, Anda bisa mengikuti saya.” Seorang pemimpin yang lebih dewasa berkata, “Saya akan memberdayakan Anda untuk menjadi yang terbaik yang Anda inginkan dan kita semua akan pergi ke puncak bersama.”

Membentuk tim pemenang terdiri dari beberapa elemen dasar.

1. Pilih anggota tim dengan keterampilan, pengetahuan, dan pengalaman yang berbeda. Menyatukan kepribadian dan bakat bobby nasution yang berbeda berarti lebih beragam dalam sudut pandang dan stimulasi yang lebih kreatif. Sekelompok semua insinyur yang berorientasi pada detail analitis akan mendapat manfaat dari anggota tim kreatif yang bersemangat. Sekelompok pemikir ‘gambaran besar’ akan membangun mimpi tetapi tidak memiliki siapa pun untuk melakukan rincian implementasi. Tidak hanya memilih berbagai kepribadian dan bakat, tetapi menetapkan tanggung jawab yang benar untuk kandidat yang ideal. Seorang akuntan akan sangat baik untuk Bendahara kelompok tetapi mungkin tidak ideal untuk juru bicara ‘panggung pusat’ hubungan masyarakat.

2. Pemeriksaan tindak lanjut yang konstan memastikan bahwa tim tetap berada di jalurnya. Membandingkan hasil aktual dengan sasaran menunjukkan titik waktu pada jalur ke sasaran. Bahkan kapal roket dalam perjalanan ke bulan perlu membuat koreksi saja.

3. Menetapkan parameter mengklarifikasi aturan, prosedur dan batasan. Lebih sedikit masalah akan terjadi ketika setiap anggota mengetahui pedoman dan tanggung jawab dari awal. Masalah selalu terjadi; Namun, mereka dapat diminimalkan. Mengetahui dari awal siapa yang memiliki wewenang untuk membuat keputusan akhir, menghilangkan perdebatan yang tidak perlu.

4. Kembangkan rencana yang masuk akal untuk implementasi. Tujuan harus spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan tepat waktu. Sasaran harus SMART jika rencana pencapaian memiliki potensi keberhasilan. Jelaskan secara spesifik langkah-langkah yang diperlukan untuk menyelesaikan rencana tersebut.

5. Tetapkan peran dan tanggung jawab khusus. Harapkan setiap anggota tim untuk menangani peran mereka. Berikan pelatihan yang ekstensif untuk memastikan bahwa setiap anggota tim memiliki fakta-fakta terkait untuk dapat menyelesaikan peran mereka dengan baik.

6. Menetapkan kontrol. Bagaimana kemajuan akan dipantau untuk menentukan apakah tujuan dicapai dalam jangka waktu yang diinginkan?

7. Bangun kepercayaan tim. Berharap untuk dapat saling mengandalkan. Bersedialah untuk saling membantu. Selalu menghormati waktu dan ide masing-masing. Semua anggota tim tidak akan setuju 100% dengan setiap keputusan. Setelah keputusan tegas diambil, terimalah dan lanjutkan. Berkomunikasi secara terbuka dan jujur ‚Äč‚Äčtetapi sopan satu sama lain.

Tanggung jawab dari pemimpin tim berubah ketika anggota tim menjadi lebih berhasil menangani setiap tugas mereka. Menjadi fleksibel dengan melepaskan kontrol setelah tidak lagi diperlukan pada setiap tugas kecil.

Kerja tim sangat penting untuk manajemen yang efektif dari organisasi mana pun. Pilih grup yang beragam dengan tujuan bersama. Tetapkan peran yang sesuai dengan kandidat terbaik untuk setiap tugas. Tetapkan tanggung jawab dan parameter. Latih anggota tim; rancang rencana kerja yang bisa diterapkan dan gunakan pemeriksaan tindak lanjut yang sesuai. Pertahankan komunikasi yang terbuka dan saling menghormati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *