Ingin Mencoba Keju dari Susu Kambing? 5 Manfaat yang Bisa Anda Dapatkan!

(Tips Sehat Mie Ayam Mahmud Medan)

Keju kambing atau dikenal sebagai Chevre adalah keju yang terbuat dari susu kambing. Ternyata, keju kambing juga tidak kalah bermanfaat dibanding keju dari susu sapi yang bisa Anda makan, lho! Ini adalah manfaat keju dari susu kambing yang perlu Anda ketahui.

1. Berisi probiotik

Probiotik adalah bakteri baik yang ramah dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Tergantung pada jenis keju, keju kambing mengandung berbagai macam probiotik termasuk L. acidophilus atau L. plantarum. Probiotik ini diperlukan untuk menjaga fungsi usus dalam sistem pencernaan manusia.

Diet yang kaya probiotik telah terbukti dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, mengurangi peradangan, dan meningkatkan kekebalan.

Dilansir dari laman Healthline, keju kambing merupakan sumber probiotik yang baik karena kandungan lemaknya yang tinggi dan tekstur keras yang memberikan perlindungan terhadap bakteri baik di dalamnya untuk sampai ke sistem pencernaan.

2. Lebih mudah dicerna daripada keju dari susu sapi

Susu kambing dan susu sapi memiliki isi yang berbeda. Keju yang dihasilkan juga memberikan konten yang berbeda. Struktur protein dalam keju kambing lebih sederhana sehingga lebih mudah dicerna dibandingkan dengan keju sapi dalam sistem pencernaan manusia.

Selain itu, keju kambing mengandung lebih sedikit laktosa dibandingkan dengan susu sapi. Laktosa adalah jenis utama karbohidrat hadir dalam susu dari mamalia. Diperkirakan sekitar 70 persen populasi dunia, terutama orang Asia, mengalami gangguan pada pencernaan laktosa. Tanda-tanda termasuk perut kembung, sakit perut, gas, dan diare.

Para ahli menyarankan bahwa kebanyakan orang yang mengalami gangguan ini harus mengkonsumsi hanya sejumlah kecil laktosa, sekitar 12 gram atau tidak sama sekali, tergantung pada setiap kondisi.

Sekarang, karena kandungan keju kambing laktosa lebih rendah daripada keju daging sapi, maka keju kambing bisa menjadi pilihan yang tepat bagi sebagian orang yang mengalami gangguan pencernaan laktosa.

3. Menurunkan lemak

Asupan lemak jenuh dan kolesterol dari keju kambing lebih rendah daripada keju dari susu sapi. Setiap 28 gram keju kambing mengandung 5 gram lemak, sedangkan keju cheddar dari susu sapi mengandung 9 gram lemak.

Selain itu, keju kambing mengandung setengah lemak jenuh yaitu 3 gram per porsi, sementara dibandingkan keju cheddar yang mengandung 6 gram per porsi.

4. Lebih banyak vitamin dan mineral

Dengan jumlah yang sama, keju dari susu kambing mengandung vitamin D, K, tiamin (vitamin B1), dan niacin (vitamin B3) yang lebih tinggi. Selain itu, keju kambing juga mengandung ribovlafin dan fosfor yang lebih tinggi.

Jumlah vitamin A dalam keju kambing mengandung jumlah yang sama dengan keju cheddar dari susu sapi. Semua vitamin dan mineral ini tidak dapat dibuat oleh tubuh itu sendiri, sehingga, vitamin dan mineral dari makanan dan minuman sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

5. Lebih banyak mengisi

Susu kambing mengandung lebih banyak rantai pendek dan asam lemak rantai menengah daripada susu sapi. Susu kambing mengandung sejenis asam lemak yang disebut asam kaprat dan asam acprylic. Asam lemak jenis ini merupakan sumber energi yang dapat dicerna dengan cepat, tetapi dapat menambah kenyang lebih lama. Ini bisa membantu Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Keju yang terbuat dari susu kambing telah terbukti memiliki manfaat anti-inflamasi dan bahkan dapat menekan rasa lapar karena kandungan asam kaprat. Selain itu, diyakini kandungan ini juga dapat melawan P.acne yang merupakan bakteri yang menyebabkan peradangan dan jerawat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *